Beranda | Index Al-Quran
Sifat neraka
 QS. Al-Baqarah 2:24 
فَإِن لَّمْ تَفْعَلُوا۟ وَلَن تَفْعَلُوا۟ فَٱتَّقُوا۟ ٱلنَّارَ ٱلَّتِى وَقُودُهَا ٱلنَّاسُ وَٱلْحِجَارَةُ أُعِدَّتْ لِلْكَٰفِرِينَ   ﴿٢٤﴾  
Maka jika kamu tidak dapat membuat(nya) -- dan pasti kamu tidak akan dapat membuat(nya), peliharalah dirimu dari neraka yang bahan bakarnya manusia dan batu, yang disediakan bagi orang-orang kafir.


 QS. Al-A’raf 7:38 
قَالَ ٱدْخُلُوا۟ فِىٓ أُمَمٍ قَدْ خَلَتْ مِن قَبْلِكُم مِّنَ ٱلْجِنِّ وَٱلْإِنسِ فِى ٱلنَّارِ كُلَّمَا دَخَلَتْ أُمَّةٌ لَّعَنَتْ أُخْتَهَا حَتَّىٰٓ إِذَا ٱدَّارَكُوا۟ فِيهَا جَمِيعًا قَالَتْ أُخْرَىٰهُمْ لِأُولَىٰهُمْ رَبَّنَا هَٰٓؤُلَآءِ أَضَلُّونَا فَـَٔاتِهِمْ عَذَابًا ضِعْفًا مِّنَ ٱلنَّارِ قَالَ لِكُلٍّ ضِعْفٌ وَلَٰكِن لَّا تَعْلَمُونَ   ﴿٣٨﴾  
Allah berfirman: "Masuklah kamu sekalian ke dalam neraka bersama umat-umat jin dan manusia yang telah terdahulu sebelum kamu. Setiap suatu umat masuk (ke dalam neraka), dia mengutuk kawannya (menyesatkannya); sehingga apabila mereka masuk semuanya berkatalah orang-orang yang masuk kemudian di antara mereka kepada orang-orang yang masuk terdahulu: "Ya Tuhan kami, mereka telah menyesatkan kami, sebab itu datangkanlah kepada mereka siksaan yang berlipat ganda dari neraka". Allah berfirman: "Masing-masing mendapat (siksaan) yang berlipat ganda, akan tetapi kamu tidak mengetahui".


 QS. Al-A’raf 7:41 
لَهُم مِّن جَهَنَّمَ مِهَادٌ وَمِن فَوْقِهِمْ غَوَاشٍ وَكَذَٰلِكَ نَجْزِى ٱلظَّٰلِمِينَ   ﴿٤١﴾  
Mereka mempunyai tikar tidur dari api neraka dan di atas mereka ada selimut (api neraka). Demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang zalim,


 QS. At-Taubah 9:81 
فَرِحَ ٱلْمُخَلَّفُونَ بِمَقْعَدِهِمْ خِلَٰفَ رَسُولِ ٱللَّهِ وَكَرِهُوٓا۟ أَن يُجَٰهِدُوا۟ بِأَمْوَٰلِهِمْ وَأَنفُسِهِمْ فِى سَبِيلِ ٱللَّهِ وَقَالُوا۟ لَا تَنفِرُوا۟ فِى ٱلْحَرِّ قُلْ نَارُ جَهَنَّمَ أَشَدُّ حَرًّا لَّوْ كَانُوا۟ يَفْقَهُونَ   ﴿٨١﴾  
Orang-orang yang ditinggalkan (tidak ikut perang) itu, merasa gembira dengan tinggalnya mereka di belakang Rasulullah, dan mereka tidak suka berjihad dengan harta dan jiwa mereka pada jalan Allah dan mereka berkata: "Janganlah kamu berangkat (pergi berperang) dalam panas terik ini". Katakanlah: "Api neraka jahannam itu lebih sangat panas(nya)" jika mereka mengetahui.


 QS. Hud 11:106 
فَأَمَّا ٱلَّذِينَ شَقُوا۟ فَفِى ٱلنَّارِ لَهُمْ فِيهَا زَفِيرٌ وَشَهِيقٌ   ﴿١٠٦﴾  
Adapun orang-orang yang celaka, maka (tempatnya) di dalam neraka, di dalamnya mereka mengeluarkan dan menarik nafas (dengan merintih),


 QS. Ar-Ra’d 13:18 
لِلَّذِينَ ٱسْتَجَابُوا۟ لِرَبِّهِمُ ٱلْحُسْنَىٰ وَٱلَّذِينَ لَمْ يَسْتَجِيبُوا۟ لَهُۥ لَوْ أَنَّ لَهُم مَّا فِى ٱلْأَرْضِ جَمِيعًا وَمِثْلَهُۥ مَعَهُۥ لَٱفْتَدَوْا۟ بِهِۦٓ أُو۟لَٰٓئِكَ لَهُمْ سُوٓءُ ٱلْحِسَابِ وَمَأْوَىٰهُمْ جَهَنَّمُ وَبِئْسَ ٱلْمِهَادُ   ﴿١٨﴾  
Bagi orang-orang yang memenuhi seruan Tuhannya, (disediakan) pembalasan yang baik. Dan orang-orang yang tidak memenuhi seruan Tuhan, sekiranya mereka mempunyai semua (kekayaan) yang ada di bumi dan (ditambah) sebanyak isi bumi itu lagi besertanya, niscaya mereka akan menebus dirinya dengan kekayaan itu. Orang-orang itu disediakan baginya hisab yang buruk dan tempat kediaman mereka ialah Jahanam dan itulah seburuk-buruk tempat kediaman.


 QS. Ibrahim 14:16 
مِّن وَرَآئِهِۦ جَهَنَّمُ وَيُسْقَىٰ مِن مَّآءٍ صَدِيدٍ   ﴿١٦﴾  
Di hadapannya ada Jahannam dan dia akan diberi minuman dengan air nanah,


 QS. Ibrahim 14:17 
يَتَجَرَّعُهُۥ وَلَا يَكَادُ يُسِيغُهُۥ وَيَأْتِيهِ ٱلْمَوْتُ مِن كُلِّ مَكَانٍ وَمَا هُوَ بِمَيِّتٍ وَمِن وَرَآئِهِۦ عَذَابٌ غَلِيظٌ   ﴿١٧﴾  
Diminumnnya air nanah itu dan hampir dia tidak bisa menelannya dan datanglah (bahaya) maut kepadanya dari segenap penjuru, tetapi dia tidak juga mati, dan dihadapannya masih ada azab yang berat.


 QS. Ibrahim 14:29 
جَهَنَّمَ يَصْلَوْنَهَا وَبِئْسَ ٱلْقَرَارُ   ﴿٢٩﴾  
Yaitu neraka jahannam; mereka masuk kedalamnya; dan itulah seburuk-buruk tempat kediaman.


 QS. Al-Hijr 15:44 
لَهَا سَبْعَةُ أَبْوَٰبٍ لِّكُلِّ بَابٍ مِّنْهُمْ جُزْءٌ مَّقْسُومٌ   ﴿٤٤﴾  
Jahannam itu mempunyai tujuh pintu. Tiap-tiap pintu (telah ditetapkan) untuk golongan yang tertentu dari mereka.


 QS. An-Nahl 16:29 
فَٱدْخُلُوٓا۟ أَبْوَٰبَ جَهَنَّمَ خَٰلِدِينَ فِيهَا فَلَبِئْسَ مَثْوَى ٱلْمُتَكَبِّرِينَ   ﴿٢٩﴾  
Maka masukilah pintu-pintu neraka Jahannam, kamu kekal di dalamnya. Maka amat buruklah tempat orang-orang yang menyombongkan diri itu.


 QS. Al-Isra 17:8 
عَسَىٰ رَبُّكُمْ أَن يَرْحَمَكُمْ وَإِنْ عُدتُّمْ عُدْنَا وَجَعَلْنَا جَهَنَّمَ لِلْكَٰفِرِينَ حَصِيرًا   ﴿٨﴾  
Mudah-mudahan Tuhanmu akan melimpahkan rahmat(Nya) kepadamu; dan sekiranya kamu kembali kepada (kedurhakaan) niscaya Kami kembali (mengazabmu) dan Kami jadikan neraka Jahannam penjara bagi orang-orang yang tidak beriman.


 QS. Al-Isra 17:97 
وَمَن يَهْدِ ٱللَّهُ فَهُوَ ٱلْمُهْتَدِ وَمَن يُضْلِلْ فَلَن تَجِدَ لَهُمْ أَوْلِيَآءَ مِن دُونِهِۦ وَنَحْشُرُهُمْ يَوْمَ ٱلْقِيَٰمَةِ عَلَىٰ وُجُوهِهِمْ عُمْيًا وَبُكْمًا وَصُمًّا مَّأْوَىٰهُمْ جَهَنَّمُ كُلَّمَا خَبَتْ زِدْنَٰهُمْ سَعِيرًا   ﴿٩٧﴾  
Dan barangsiapa yang ditunjuki Allah, dialah yang mendapat petunjuk dan barangsiapa yang Dia sesatkan maka sekali-kali kamu tidak akan mendapat penolong-penolong bagi mereka selain dari Dia. Dan Kami akan mengumpulkan mereka pada hari kiamat (diseret) atas muka mereka dalam keadaan buta, bisu dan pekak. Tempat kediaman mereka adalah neraka jahannam. Tiap-tiap kali nyala api Jahannam itu akan padam, Kami tambah lagi bagi mereka nyalanya.


 QS. Al-Kahfi 18:29 
وَقُلِ ٱلْحَقُّ مِن رَّبِّكُمْ فَمَن شَآءَ فَلْيُؤْمِن وَمَن شَآءَ فَلْيَكْفُرْ إِنَّآ أَعْتَدْنَا لِلظَّٰلِمِينَ نَارًا أَحَاطَ بِهِمْ سُرَادِقُهَا وَإِن يَسْتَغِيثُوا۟ يُغَاثُوا۟ بِمَآءٍ كَٱلْمُهْلِ يَشْوِى ٱلْوُجُوهَ بِئْسَ ٱلشَّرَابُ وَسَآءَتْ مُرْتَفَقًا   ﴿٢٩﴾  
Dan katakanlah: "Kebenaran itu datangnya dari Tuhanmu; maka barangsiapa yang ingin (beriman) hendaklah ia beriman, dan barangsiapa yang ingin (kafir) biarlah ia kafir". Sesungguhnya Kami telah sediakan bagi orang orang zalim itu neraka, yang gejolaknya mengepung mereka. Dan jika mereka meminta minum, niscaya mereka akan diberi minum dengan air seperti besi yang mendidih yang menghanguskan muka. Itulah minuman yang paling buruk dan tempat istirahat yang paling jelek.


 QS. Al-Kahfi 18:53 
وَرَءَا ٱلْمُجْرِمُونَ ٱلنَّارَ فَظَنُّوٓا۟ أَنَّهُم مُّوَاقِعُوهَا وَلَمْ يَجِدُوا۟ عَنْهَا مَصْرِفًا   ﴿٥٣﴾  
Dan orang-orang yang berdosa melihat neraka, maka mereka meyakini, bahwa mereka akan jatuh ke dalamnya dan mereka tidak menemukan tempat berpaling dari padanya.


 QS. Al-Anbiya 21:100 
لَهُمْ فِيهَا زَفِيرٌ وَهُمْ فِيهَا لَا يَسْمَعُونَ   ﴿١٠٠﴾  
Mereka merintih di dalam api dan mereka di dalamnya tidak bisa mendengar.


 QS. Al-Hajj 22:19 
هَٰذَانِ خَصْمَانِ ٱخْتَصَمُوا۟ فِى رَبِّهِمْ فَٱلَّذِينَ كَفَرُوا۟ قُطِّعَتْ لَهُمْ ثِيَابٌ مِّن نَّارٍ يُصَبُّ مِن فَوْقِ رُءُوسِهِمُ ٱلْحَمِيمُ   ﴿١٩﴾  
Inilah dua golongan (golongan mukmin dan golongan kafir) yang bertengkar, mereka saling bertengkar mengenai Tuhan mereka. Maka orang kafir akan dibuatkan untuk mereka pakaian-pakaian dari api neraka. Disiramkan air yang sedang mendidih ke atas kepala mereka.


 QS. Al-Hajj 22:20 
يُصْهَرُ بِهِۦ مَا فِى بُطُونِهِمْ وَٱلْجُلُودُ   ﴿٢٠﴾  
Dengan air itu dihancur luluhkan segala apa yang ada dalam perut mereka dan juga kulit (mereka).


 QS. Al-Hajj 22:21 
وَلَهُم مَّقَٰمِعُ مِنْ حَدِيدٍ   ﴿٢١﴾  
Dan untuk mereka cambuk-cambuk dari besi.


 QS. Al-Hajj 22:22 
كُلَّمَآ أَرَادُوٓا۟ أَن يَخْرُجُوا۟ مِنْهَا مِنْ غَمٍّ أُعِيدُوا۟ فِيهَا وَذُوقُوا۟ عَذَابَ ٱلْحَرِيقِ   ﴿٢٢﴾  
Setiap kali mereka hendak ke luar dari neraka lantaran kesengsaraan mereka, niscaya mereka dikembalikan ke dalamnya. (Kepada mereka dikatakan), "Rasailah azab yang membakar ini".


 QS. Al-Mu’minun 23:104 
تَلْفَحُ وُجُوهَهُمُ ٱلنَّارُ وَهُمْ فِيهَا كَٰلِحُونَ   ﴿١٠٤﴾  
Muka mereka dibakar api neraka, dan mereka di dalam neraka itu dalam keadaan cacat.


 QS. An-Nur 24:57 
لَا تَحْسَبَنَّ ٱلَّذِينَ كَفَرُوا۟ مُعْجِزِينَ فِى ٱلْأَرْضِ وَمَأْوَىٰهُمُ ٱلنَّارُ وَلَبِئْسَ ٱلْمَصِيرُ   ﴿٥٧﴾  
Janganlah kamu kira bahwa orang-orang yang kafir itu dapat melemahkan (Allah dari mengazab mereka) di bumi ini, sedang tempat tinggal mereka (di akhirat) adalah neraka. Dan sungguh amat jeleklah tempat kembali itu.


 QS. Al-Furqan 25:12 
إِذَا رَأَتْهُم مِّن مَّكَانٍۭ بَعِيدٍ سَمِعُوا۟ لَهَا تَغَيُّظًا وَزَفِيرًا   ﴿١٢﴾  
Apabila neraka itu melihat mereka dari tempat yang jauh, mereka mendengar kegeramannya dan suara nyalanya.


 QS. Al-Furqan 25:13 
وَإِذَآ أُلْقُوا۟ مِنْهَا مَكَانًا ضَيِّقًا مُّقَرَّنِينَ دَعَوْا۟ هُنَالِكَ ثُبُورًا   ﴿١٣﴾  
Dan apabila mereka dilemparkan ke tempat yang sempit di neraka itu dengan dibelenggu, mereka di sana mengharapkan kebinasaan.


 QS. Al-Furqan 25:34 
ٱلَّذِينَ يُحْشَرُونَ عَلَىٰ وُجُوهِهِمْ إِلَىٰ جَهَنَّمَ أُو۟لَٰٓئِكَ شَرٌّ مَّكَانًا وَأَضَلُّ سَبِيلًا   ﴿٣٤﴾  
Orang-orang yang dihimpunkan ke neraka Jahannam dengan diseret atas muka-muka mereka, mereka itulah orang yang paling buruk tempatnya dan paling sesat jalannya.


 QS. Al-Furqan 25:65 
وَٱلَّذِينَ يَقُولُونَ رَبَّنَا ٱصْرِفْ عَنَّا عَذَابَ جَهَنَّمَ إِنَّ عَذَابَهَا كَانَ غَرَامًا   ﴿٦٥﴾  
Dan orang-orang yang berkata: "Ya Tuhan kami, jauhkan azab jahannam dari kami, sesungguhnya azabnya itu adalah kebinasaan yang kekal".


 QS. Al-Furqan 25:66 
إِنَّهَا سَآءَتْ مُسْتَقَرًّا وَمُقَامًا   ﴿٦٦﴾  
Sesungguhnya jahannam itu seburuk-buruk tempat menetap dan tempat kediaman.


 QS. Al-Furqan 25:77 
قُلْ مَا يَعْبَؤُا۟ بِكُمْ رَبِّى لَوْلَا دُعَآؤُكُمْ فَقَدْ كَذَّبْتُمْ فَسَوْفَ يَكُونُ لِزَامًۢا   ﴿٧٧﴾  
Katakanlah (kepada orang-orang musyrik): "Tuhanku tidak mengindahkan kamu, melainkan kalau ada ibadatmu. (Tetapi bagaimana kamu beribadat kepada-Nya), padahal kamu sungguh telah mendustakan-Nya? karena itu kelak (azab) pasti (menimpamu)".


 QS. Al-‘Ankabut 29:55 
يَوْمَ يَغْشَىٰهُمُ ٱلْعَذَابُ مِن فَوْقِهِمْ وَمِن تَحْتِ أَرْجُلِهِمْ وَيَقُولُ ذُوقُوا۟ مَا كُنتُمْ تَعْمَلُونَ   ﴿٥٥﴾  
Pada hari mereka ditutup oleh azab dari atas mereka dan dari bawah kaki mereka dan Allah berkata (kepada mereka): "Rasailah (pembalasan dari) apa yang telah kamu kerjakan".


 QS. As-Saffat 37:62 
أَذَٰلِكَ خَيْرٌ نُّزُلًا أَمْ شَجَرَةُ ٱلزَّقُّومِ   ﴿٦٢﴾  
(Makanan surga) itukah hidangan yang lebih baik ataukah pohon zaqqum.


 QS. As-Saffat 37:63 
إِنَّا جَعَلْنَٰهَا فِتْنَةً لِّلظَّٰلِمِينَ   ﴿٦٣﴾  
Sesungguhnya Kami menjadikan pohon zaqqum itu sebagai siksaan bagi orang-orang yang zalim.


 QS. As-Saffat 37:64 
إِنَّهَا شَجَرَةٌ تَخْرُجُ فِىٓ أَصْلِ ٱلْجَحِيمِ   ﴿٦٤﴾  
Sesungguhnya dia adalah sebatang pohon yang ke luar dan dasar neraka yang menyala.


 QS. As-Saffat 37:65 
طَلْعُهَا كَأَنَّهُۥ رُءُوسُ ٱلشَّيَٰطِينِ   ﴿٦٥﴾  
Mayangnya seperti kepala syaitan-syaitan.


 QS. As-Saffat 37:66 
فَإِنَّهُمْ لَءَاكِلُونَ مِنْهَا فَمَالِـُٔونَ مِنْهَا ٱلْبُطُونَ   ﴿٦٦﴾  
Maka sesungguhnya mereka benar-benar memakan sebagian dari buah pohon itu, maka mereka memenuhi perutnya dengan buah zaqqum itu.


 QS. As-Saffat 37:67 
ثُمَّ إِنَّ لَهُمْ عَلَيْهَا لَشَوْبًا مِّنْ حَمِيمٍ   ﴿٦٧﴾  
Kemudian sesudah makan buah pohon zaqqum itu pasti mereka mendapat minuman yang bercampur dengan air yang sangat panas.


 QS. Shad 38:57 
هَٰذَا فَلْيَذُوقُوهُ حَمِيمٌ وَغَسَّاقٌ   ﴿٥٧﴾  
Inilah (azab neraka), biarlah mereka merasakannya, (minuman mereka) air yang sangat panas dan air yang sangat dingin.


 QS. Shad 38:58 
وَءَاخَرُ مِن شَكْلِهِۦٓ أَزْوَٰجٌ   ﴿٥٨﴾  
Dan azab yang lain yang serupa itu berbagai macam.


 QS. Az-Zumar 39:16 
لَهُم مِّن فَوْقِهِمْ ظُلَلٌ مِّنَ ٱلنَّارِ وَمِن تَحْتِهِمْ ظُلَلٌ ذَٰلِكَ يُخَوِّفُ ٱللَّهُ بِهِۦ عِبَادَهُۥ يَٰعِبَادِ فَٱتَّقُونِ   ﴿١٦﴾  
Bagi mereka lapisan-lapisan dari api di atas mereka dan di bawah merekapun lapisan-lapisan (dari api). Demikianlah Allah mempertakuti hamba-hamba-Nya dengan azab itu. Maka bertakwalah kepada-Ku hai hamba-hamba-Ku.


 QS. Al-Mu’min 40:49 
وَقَالَ ٱلَّذِينَ فِى ٱلنَّارِ لِخَزَنَةِ جَهَنَّمَ ٱدْعُوا۟ رَبَّكُمْ يُخَفِّفْ عَنَّا يَوْمًا مِّنَ ٱلْعَذَابِ   ﴿٤٩﴾  
Dan orang-orang yang berada dalam neraka berkata kepada penjaga-penjaga neraka Jahannam: "Mohonkanlah kepada Tuhanmu supaya Dia meringankan azab dari kami barang sehari".


 QS. Al-Mu’min 40:52 
يَوْمَ لَا يَنفَعُ ٱلظَّٰلِمِينَ مَعْذِرَتُهُمْ وَلَهُمُ ٱللَّعْنَةُ وَلَهُمْ سُوٓءُ ٱلدَّارِ   ﴿٥٢﴾  
(yaitu) hari yang tidak berguna bagi orang-orang zalim permintaan maafnya dan bagi merekalah laknat dan bagi merekalah tempat tinggal yang buruk.


 QS. Az-Zukhruf 43:75 
لَا يُفَتَّرُ عَنْهُمْ وَهُمْ فِيهِ مُبْلِسُونَ   ﴿٧٥﴾  
Tidak diringankan azab itu dari mereka dan mereka di dalamnya berputus asa.


 QS. Ad-Dukhan 44:43 
إِنَّ شَجَرَتَ ٱلزَّقُّومِ   ﴿٤٣﴾  
Sesungguhnya pohon zaqqum itu,


 QS. Ad-Dukhan 44:44 
طَعَامُ ٱلْأَثِيمِ   ﴿٤٤﴾  
Makanan orang yang banyak berdosa.


 QS. Ad-Dukhan 44:45 
كَٱلْمُهْلِ يَغْلِى فِى ٱلْبُطُونِ   ﴿٤٥﴾  
(Ia) sebagai kotoran minyak yang mendidih di dalam perut,


 QS. Ad-Dukhan 44:46 
كَغَلْىِ ٱلْحَمِيمِ   ﴿٤٦﴾  
Seperti mendidihnya air yang amat panas.


 QS. Ad-Dukhan 44:48 
ثُمَّ صُبُّوا۟ فَوْقَ رَأْسِهِۦ مِنْ عَذَابِ ٱلْحَمِيمِ   ﴿٤٨﴾  
Kemudian tuangkanlah di atas kepalanya siksaan (dari) air yang amat panas.


 QS. Muhammad 47:15 
مَّثَلُ ٱلْجَنَّةِ ٱلَّتِى وُعِدَ ٱلْمُتَّقُونَ فِيهَآ أَنْهَٰرٌ مِّن مَّآءٍ غَيْرِ ءَاسِنٍ وَأَنْهَٰرٌ مِّن لَّبَنٍ لَّمْ يَتَغَيَّرْ طَعْمُهُۥ وَأَنْهَٰرٌ مِّنْ خَمْرٍ لَّذَّةٍ لِّلشَّٰرِبِينَ وَأَنْهَٰرٌ مِّنْ عَسَلٍ مُّصَفًّى وَلَهُمْ فِيهَا مِن كُلِّ ٱلثَّمَرَٰتِ وَمَغْفِرَةٌ مِّن رَّبِّهِمْ كَمَنْ هُوَ خَٰلِدٌ فِى ٱلنَّارِ وَسُقُوا۟ مَآءً حَمِيمًا فَقَطَّعَ أَمْعَآءَهُمْ   ﴿١٥﴾  
(Apakah) perumpamaan (penghuni) jannah yang dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa yang di dalamnya ada sungai-sungai dari air yang tiada berubah rasa dan baunya, sungai-sungai dari air susu yang tidak berubah rasanya, sungai-sungai dari khamar yang lezat rasanya bagi peminumnya dan sungai-sungai dari madu yang disaring; dan mereka memperoleh di dalamnya segala macam buah-buahan dan ampunan dari Rabb mereka, sama dengan orang yang kekal dalam jahannam dan diberi minuman dengan air yang mendidih sehingga memotong ususnya?


 QS. Qaf 50:30 
يَوْمَ نَقُولُ لِجَهَنَّمَ هَلِ ٱمْتَلَأْتِ وَتَقُولُ هَلْ مِن مَّزِيدٍ   ﴿٣٠﴾  
(Dan ingatlah akan) hari (yang pada hari itu) Kami bertanya kepada jahannam: "Apakah kamu sudah penuh?" Dia menjawab: "Masih ada tambahan?"


 QS. Al-Qamar 54:48 
يَوْمَ يُسْحَبُونَ فِى ٱلنَّارِ عَلَىٰ وُجُوهِهِمْ ذُوقُوا۟ مَسَّ سَقَرَ   ﴿٤٨﴾  
(Ingatlah) pada hari mereka diseret ke neraka atas muka mereka. (Dikatakan kepada mereka): "Rasakanlah sentuhan api neraka!"


 QS. Ar-Rahman 55:44 
يَطُوفُونَ بَيْنَهَا وَبَيْنَ حَمِيمٍ ءَانٍ   ﴿٤٤﴾  
Mereka berkeliling di antaranya dan di antara air mendidih yang memuncak panasnya.


 QS. Al-Waqi’ah 56:42 
فِى سَمُومٍ وَحَمِيمٍ   ﴿٤٢﴾  
Dalam (siksaan) angin yang amat panas, dan air panas yang mendidih,


 QS. Al-Waqi’ah 56:43 
وَظِلٍّ مِّن يَحْمُومٍ   ﴿٤٣﴾  
Dan dalam naungan asap yang hitam.


 QS. Al-Waqi’ah 56:44 
لَّا بَارِدٍ وَلَا كَرِيمٍ   ﴿٤٤﴾  
Tidak sejuk dan tidak menyenangkan.


 QS. Al-Waqi’ah 56:93 
فَنُزُلٌ مِّنْ حَمِيمٍ   ﴿٩٣﴾  
Maka dia mendapat hidangan air yang mendidih,


 QS. Al-Waqi’ah 56:94 
وَتَصْلِيَةُ جَحِيمٍ   ﴿٩٤﴾  
Dan dibakar di dalam jahannam.


 QS. Al-Mujadalah 58:8 
أَلَمْ تَرَ إِلَى ٱلَّذِينَ نُهُوا۟ عَنِ ٱلنَّجْوَىٰ ثُمَّ يَعُودُونَ لِمَا نُهُوا۟ عَنْهُ وَيَتَنَٰجَوْنَ بِٱلْإِثْمِ وَٱلْعُدْوَٰنِ وَمَعْصِيَتِ ٱلرَّسُولِ وَإِذَا جَآءُوكَ حَيَّوْكَ بِمَا لَمْ يُحَيِّكَ بِهِ ٱللَّهُ وَيَقُولُونَ فِىٓ أَنفُسِهِمْ لَوْلَا يُعَذِّبُنَا ٱللَّهُ بِمَا نَقُولُ حَسْبُهُمْ جَهَنَّمُ يَصْلَوْنَهَا فَبِئْسَ ٱلْمَصِيرُ   ﴿٨﴾  
Apakah tidak kamu perhatikan orang-orang yang telah dilarang mengadakan pembicaraan rahasia, kemudian mereka kembali (mengerjakan) larangan itu dan mereka mengadakan pembicaraan rahasia untuk berbuat dosa, permusuhan dan durhaka kepada Rasul. Dan apabila mereka datang kepadamu, mereka mengucapkan salam kepadamu dengan memberi salam yang bukan sebagai yang ditentukan Allah untukmu. Dan mereka mengatakan kepada diri mereka sendiri: "Mengapa Allah tidak menyiksa kita disebabkan apa yang kita katakan itu?" Cukuplah bagi mereka Jahannam yang akan mereka masuki. Dan neraka itu adalah seburuk-buruk tempat kembali.


 QS. At-Tahrim 66:6 
يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ قُوٓا۟ أَنفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا وَقُودُهَا ٱلنَّاسُ وَٱلْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلَٰٓئِكَةٌ غِلَاظٌ شِدَادٌ لَّا يَعْصُونَ ٱللَّهَ مَآ أَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُونَ   ﴿٦﴾  
Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.


 QS. Al-Mulk 67:7 
إِذَآ أُلْقُوا۟ فِيهَا سَمِعُوا۟ لَهَا شَهِيقًا وَهِىَ تَفُورُ   ﴿٧﴾  
Apabila mereka dilemparkan ke dalamnya mereka mendengar suara neraka yang mengerikan, sedang neraka itu menggelegak,


 QS. Al-Mulk 67:8 
تَكَادُ تَمَيَّزُ مِنَ ٱلْغَيْظِ كُلَّمَآ أُلْقِىَ فِيهَا فَوْجٌ سَأَلَهُمْ خَزَنَتُهَآ أَلَمْ يَأْتِكُمْ نَذِيرٌ   ﴿٨﴾  
Hampir-hampir (neraka) itu terpecah-pecah lantaran marah. Setiap kali dilemparkan ke dalamnya sekumpulan (orang-orang kafir), penjaga-penjaga (neraka itu) bertanya kepada mereka: "Apakah belum pernah datang kepada kamu (di dunia) seorang pemberi peringatan?"


 QS. Al-Haqqah 69:31 
ثُمَّ ٱلْجَحِيمَ صَلُّوهُ   ﴿٣١﴾  
Kemudian masukkanlah dia ke dalam api neraka yang menyala-nyala.


 QS. Al-Haqqah 69:32 
ثُمَّ فِى سِلْسِلَةٍ ذَرْعُهَا سَبْعُونَ ذِرَاعًا فَٱسْلُكُوهُ   ﴿٣٢﴾  
Kemudian belitlah dia dengan rantai yang panjangnya tujuh puluh hasta.


 QS. Al-Ma’arij 70:15 
كَلَّآ إِنَّهَا لَظَىٰ   ﴿١٥﴾  
Sekali-kali tidak dapat, sesungguhnya neraka itu adalah api yang bergolak,


 QS. Al-Ma’arij 70:16 
نَزَّاعَةً لِّلشَّوَىٰ   ﴿١٦﴾  
Yang mengelupas kulit kepala,


 QS. Al-Muzzammil 73:12 
إِنَّ لَدَيْنَآ أَنكَالًا وَجَحِيمًا   ﴿١٢﴾  
Karena sesungguhnya pada sisi Kami ada belenggu-belenggu yang berat dan neraka yang menyala-nyala.


 QS. Al-Muddatstsir 74:28 
لَا تُبْقِى وَلَا تَذَرُ   ﴿٢٨﴾  
Saqar itu tidak meninggalkan dan tidak membiarkan.


 QS. Al-Muddatstsir 74:29 
لَوَّاحَةٌ لِّلْبَشَرِ   ﴿٢٩﴾  
(Neraka Saqar) adalah pembakar kulit manusia.


 QS. Al-Muddatstsir 74:35 
إِنَّهَا لَإِحْدَى ٱلْكُبَرِ   ﴿٣٥﴾  
Sesungguhnya Saqar itu adalah salah satu bencana yang amat besar,


 QS. Al-Insan 76:4 
إِنَّآ أَعْتَدْنَا لِلْكَٰفِرِينَ سَلَٰسِلَا۟ وَأَغْلَٰلًا وَسَعِيرًا   ﴿٤﴾  
Sesungguhnya Kami menyediakan bagi orang-orang kafir rantai, belenggu dan neraka yang menyala-nyala.


 QS. Al-Mursalat 77:30 
ٱنطَلِقُوٓا۟ إِلَىٰ ظِلٍّ ذِى ثَلَٰثِ شُعَبٍ   ﴿٣٠﴾  
Pergilah kamu mendapatkan naungan yang mempunyai tiga cabang,


 QS. Al-Mursalat 77:31 
لَّا ظَلِيلٍ وَلَا يُغْنِى مِنَ ٱللَّهَبِ   ﴿٣١﴾  
Yang tidak melindungi dan tidak pula menolak nyala api neraka".


 QS. Al-Mursalat 77:32 
إِنَّهَا تَرْمِى بِشَرَرٍ كَٱلْقَصْرِ   ﴿٣٢﴾  
Sesungguhnya neraka itu melontarkan bunga api sebesar dan setinggi istana.


 QS. Al-Mursalat 77:33 
كَأَنَّهُۥ جِمَٰلَتٌ صُفْرٌ   ﴿٣٣﴾  
Seolah-olah ia iringan unta yang kuning.


 QS. An-Naba 78:21 
إِنَّ جَهَنَّمَ كَانَتْ مِرْصَادًا   ﴿٢١﴾  
Sesungguhnya neraka Jahannam itu (padanya) ada tempat pengintai,


 QS. Al-Ghasyiyah 88:4 
تَصْلَىٰ نَارًا حَامِيَةً   ﴿٤﴾  
Memasuki api yang sangat panas (neraka),


 QS. Al-Ghasyiyah 88:5 
تُسْقَىٰ مِنْ عَيْنٍ ءَانِيَةٍ   ﴿٥﴾  
Diberi minum (dengan air) dari sumber yang sangat panas.


 QS. Al-Balad 90:11 
فَلَا ٱقْتَحَمَ ٱلْعَقَبَةَ   ﴿١١﴾  
Tetapi dia tiada menempuh jalan yang mendaki lagi sukar.


 QS. Al-Balad 90:12 
وَمَآ أَدْرَىٰكَ مَا ٱلْعَقَبَةُ   ﴿١٢﴾  
Tahukah kamu apakah jalan yang mendaki lagi sukar itu?


 QS. Al-Balad 90:20 
عَلَيْهِمْ نَارٌ مُّؤْصَدَةٌۢ   ﴿٢٠﴾  
Mereka berada dalam neraka yang ditutup rapat.


 QS. Al-Lail 92:14 
فَأَنذَرْتُكُمْ نَارًا تَلَظَّىٰ   ﴿١٤﴾  
Maka, kami memperingatkan kamu dengan neraka yang menyala-nyala.


 QS. Al-Qari’ah 101:10 
وَمَآ أَدْرَىٰكَ مَا هِيَهْ   ﴿١٠﴾  
Tahukah kamu apakah neraka Hawiyah itu?


 QS. Al-Qari’ah 101:11 
نَارٌ حَامِيَةٌۢ   ﴿١١﴾  
(Yaitu) api yang sangat panas.


 QS. Al-Humazah 104:4 
كَلَّا لَيُنۢبَذَنَّ فِى ٱلْحُطَمَةِ   ﴿٤﴾  
Sekali-kali tidak! Sesungguhnya dia benar-benar akan dilemparkan ke dalam Huthamah.


 QS. Al-Humazah 104:5 
وَمَآ أَدْرَىٰكَ مَا ٱلْحُطَمَةُ   ﴿٥﴾  
Dan tahukah kamu apa Huthamah itu?


 QS. Al-Humazah 104:6 
نَارُ ٱللَّهِ ٱلْمُوقَدَةُ   ﴿٦﴾  
(yaitu) api (yang disediakan) Allah yang dinyalakan,


 QS. Al-Humazah 104:7 
ٱلَّتِى تَطَّلِعُ عَلَى ٱلْأَفْـِٔدَةِ   ﴿٧﴾  
Yang (membakar) sampai ke hati.


 QS. Al-Humazah 104:8 
إِنَّهَا عَلَيْهِم مُّؤْصَدَةٌ   ﴿٨﴾  
Sesungguhnya api itu ditutup rapat atas mereka,


 QS. Al-Humazah 104:9 
فِى عَمَدٍ مُّمَدَّدَةٍۭ   ﴿٩﴾  
(sedang mereka itu) diikat pada tiang-tiang yang panjang.


 QS. Al-Lahab 111:3 
سَيَصْلَىٰ نَارًا ذَاتَ لَهَبٍ   ﴿٣﴾  
Kelak dia akan masuk ke dalam api yang bergejolak.


 QS. Al-Lahab 111:5 
فِى جِيدِهَا حَبْلٌ مِّن مَّسَدٍۭ   ﴿٥﴾  
Yang di lehernya ada tali dari sabut.